Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Gomes Kagumi Fisik Duo Brasil Milik Barito

- Apahabar.com Minggu, 3 Februari 2019 - 14:36 WIB

Gomes Kagumi Fisik Duo Brasil Milik Barito

Artur Viera (kiri) dan Lucas Silva (arah kamera) ketika latihan kebugaran bersama pemain Barito Putera di salah satu tempat fitnes Banjarmasin, 25 Januari 2019. [email protected]

apahabar.com, JAKARTA – Penampilan perdana dua pemain asing asal Brasil di Barito Putera, Lucas Silva dan Artur Vieira bikin pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira kagum. Kendati keduanya gagal membawa Laskar Antasari ke babak 16 besar Piala Indonesia usai disingkirkan PSS Sleman, tempo hari.

Baik Lucas dan Vieira diturunkan pelatih Jacksen F Tiago sejak menit awal. Padahal, keduanya baru bergabung lama sejak direkrut 22 Januari lalu.

“Saya kagum dengan fisik mereka. Mereka baru tiba di Indonesia, tetapi bisa cepat adaptasi. Saya tak melihat soal penyesuaian keduanya di tim, dengan cuaca dan bioritmik tubuh mereka,” katanya dikutip dari bola.com, Minggu (3/2).

Baca Juga: Hadirnya Duo Brasil Menambah Kepercayaan Diri Jacksen

Gomes menilai pemain dari Brasil butuh penyesuaian dua hingga tiga minggu agar tampil normal. Sementara, Lucas Silva dan Artur Vieira baru memulai latihan 25 Januari. Artinya hanya sepekan bergabung keduanya sudah dapat beradaptasi dengan kondisi Indonesia.

“Penerbangan Brasil-Indonesia sangat panjang. Pemain Barito itu pasti mengalami jet lag yang cukup melelahkan. Selisih perbedaan waktu antara Indonesia dan Brasil sekitar sepuluh jam,” lanjut Gomes.

Sejatinya menurut Gomes perbedaan waktu sepuluh jam, pasti sulit mengembalikan kebiasaan psikis dan biologis yang mereka punya.

“Tetapi mereka cepat menyesuaikan jam biologisnya dan bisa main selama 90 menit. Mengamati fakta itu saja, saya bisa menilai mereka pasti pemain dengan fisik bagus,” tutur eks arsitek Madura United itu.

Baca Juga: Jacksen : Fisik Pemain Masih Zero Persen

“Anda di Indonesia pagi hari, namun waktu di Brasil malam. Nah, kalau pemain Barito itu main bola sore hari di Sleman, di Brasil bisa dini hari. Tetapi mereka bisa main bagus sepanjang pertandingan. Hebat itu,” papar Gomes.

Gomes membandingkan sewaktu dulu saat aktif jadi pemain. Ia butuh waktu minimal tiga minggu hingga satu bulan untuk mengembalikan jam biologisnya ketika tiba di Indonesia.
“Saya dulu selama seminggu sampai sepuluh hari di Indonesia kalau malam tak bisa tidur. Karena tubuh dan psikis masih terbawa situasi di Brasil yang saat itu siang hari. Setelah tiga pekan, saya baru bisa latihan fisik,” ucapnya.

Masalah adaptasi ini pula yang membuat pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, tak berani memainkan Lucas Silva dan Artur Vieira melawan PSS pada leg pertama lalu.

“Tidak manusiawi, kalau saya mainkan mereka. Keduanya pasti mengalami jet lag yang parah. Dalam kondisi seperti itu sangat rawan cedera,” tegas Jacksen Tiago.

Baca Juga: Tekad Jacksen di Musim Terakhirnya

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Takluk Dari Vietnam, Timnas Indonesia Telan Empat Kekalahan Beruntun
Roy Jones Jr

Sport

Belum Puas, Roy Jones Jr Tantang Mike Tyson Duel Lagi
apahabar.com

Sport

Evan Dimas Tegaskan Siap Hadapi Kalteng Putra

Sport

Link Live Streaming Portugal vs Prancis UEFA Nations League di Mola TV Malam Ini, Duel Ronaldo-Pogba!
apahabar.com

Sport

Jelang MotoGP Emilia Romagna 2020 Live Trans7, Guru vs Murid Lagi: Rossi vs Bagnaia dan Morbidelli
apahabar.com

Sport

Kejurnas Open, Spider Kids Kotabaru Siap Unjuk Gigi
apahabar.com

Sport

Iwan Bule: Liga 1 Bergulir Akhir Februari atau Maret
apahabar.com

Sport

Jelang UFC 254, Khabib Nurmagomedov Belajar Banyak dari Kesuksesan Ronaldo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com