Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh Bawaslu Perintahkan Copot Spanduk Denny-Difri di Martapura, Raziv: Error in Subject Duh, Pembayar Pajak Terbesar Kedua di Kalsel Curhat Jalan Rusak! Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko Usai Beri Makan Kucing, Kai Tj Diduga Tenggelam di Sungai Tapin

Singkirkan Muenchen, Liverpool Lengkapi Wakil Inggris di Liga Champions

- Apahabar.com Kamis, 14 Maret 2019 - 08:44 WIB

Singkirkan Muenchen, Liverpool Lengkapi Wakil Inggris di Liga Champions

Foto Bintang kemenangan Liverpool Sadio Mane (depan) bersama rekannya merayakan golnya ke gawan Bayern Muenchen. Foto-net

apahabar.com, MUNICH – Liverpool memastikan diri lolos ke babak perempat final Liga Champions, Kamis (14/3) pagi. Berkat kemenangan 3-1 dari Bayern Muenchen, The Reds jadi wakil Inggris ketiga yang berhasil lolos ke babak tersebut.

Berlaga di Allianz Arena, Sadio Mane menjadi bintang kemenangan Liverpool, dengan mencetak dua gol.

Baca Juga: Nasib Barito Ditentukan Hasil Pertandingan Arema vs Persita

Sementara satu gol lainnya dilesakkan Virgil van Dijk. Sedangkan gol Muenchen justru lahir dari kaki bek tim tamu Joel Matip yang mencetak gol bunuh diri.

Tim besutan Juergen Klopp pun lolos berkat agregat 3-1, menyusul enam tim lain yang sudah lebih dulu mendapat tempat di perempat final. Yakni Tottenham Hotspur, Ajax Amsterdam, Manchester United, Porto, Manchester City, dan Juventus.

Sejak awal laga, kedua tim segera memainkan tempo tinggi. Akibatnya pada menit ke tujuh kapten Liverpool Jordan Henderson mengalami cedera. Enam menit kemudian, ia terpaksa di tarik keluar diganti Fabinho.

Meski demikian, tekanan dari Liverpool tak kendor. Gol nyaris tercipta, pada menit ke-25, saat Mohamed Salah melepaskan umpan lambung terukur yang mampu disambut Roberto Firmino, sayang tembakannya masih melenceng dari sasaran.

Semenit berselang, The Reds sukses membuka keunggulan lewat gol Mane. Van Dijk mengirimkan umpan jauh yang diterima Mane di tepian kotak penalti, meski dikawal Niklas Suele, namun Neuer tergesa-gesa meninggalkan sarangnya.

Hal itu direspons Mane dengan gerakan tipuan yang sukses memperdaya Neuer, dan ia melepaskan tembakan ke dalam gawang tak bertuan.

“Gol pertama, saya harus menontonnya lagi, mungkin sampai 500 kali,” kata pelatih Liverpool Jurgen Klopp dalam komentar purnalaga yang dilansir laman resmi UEFA.

“Sungguh luar biasa apa yang Mane lakukan itu,” ujarnya menambahkan.

Gol itu sempat direspons dengan serangan bertubi-tubi Muenchen, namun mereka sedikit lengah di belakang, membuat Andy Robertson memperoleh peluang pada menit ke-34 saat menerobos ke dalam kotak penalti menerima umpan dari Mane.

Beruntung kali ini lengan Neuer bisa menghalau percobaan tembakan Robertson di tiang dekat.

Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-39, saat Serge Gnabry menghindari kawalan Robertson dan melepaskan umpan tarik kepada Robert Lewandowski di muka gawang.

Namun, ketika bola belum sampai ke kaki Lewandowski, Matip berusaha melakukan sapuan, sayangnya begitu buruk hingga membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Pada pengujung babak pertama, hakim garis luput membiarkan Lewandowski yang berada dalam posisi offside menerima umpan dari Gnabry. Beruntung penyelesaian Lewandowski melenceng, sehingga tidak ada gol kontroversial terjadi.

Lima menit babak kedua berjalan, Liverpool kembali mengancam gawang Muenchen, setelah Salah berhasil mengambil kendali bola liar di tepian kotak penalti, sebelum melepaskan tembakan yang sayangnya masih terjangkau halauan Neuer.

Liverpool sukses merestorasi keunggulan pada menit ke-69 setelah satu dari dua sepak pojok berbahaya mereka membuahkan hasil.

Trent Alexander-Arnold lebih dulu melepaskan sepak pojok dari sisi kiri yang menukik langsung ke gawang dan beruntung ditepis oleh Neuer.

Namun, pada sepak pojok berikutnya James Milner mengirimkan bola secara terarah di tengah kotak penalti, dengan Van Dijk melompat paling tinggi untuk menanduk bola masuk dan mengubah skor menjadi 2-1.

Gol itu direspons pelatih Muenchen Niko Kovac dengan memasukkan gelandang yang lebih bertipe menyerang, Leon Goretzka. Leon menggantikan Javi Martinez.

Sebelumnya Kovac juga memasukkan pemain baru di sektor sayap lewat Kingsley Coman menggantikan Franck Ribery. Kali ini Muenchen membutuhkan dua gol untuk bisa meraih tiket ke perempat final.

Kendati demikian, Liverpool malah tetap lebih mendominasi penguasaan bola. Kovac menggunakan slot pergantian pemain terakhir dengan memasukkan Renato Sanches menggantikan James Rodriguez, namun Liverpool malah kembali memperoleh peluang lewat sebuah serangan balik yang berakhir dengan tembakan luar kotak penalti oleh Roberto Firmino, namun bola tepat mengarah lurus ke Neuer.

Di tengah keputusasaan yang melanda Muenchen, Mane justru memperdalam luka tuan rumah dengan mencetak gol keduanya lewat sebuah tandukan menyambut umpan ungkit Salah pada menit ke-84.

Di tengah serangan Liverpool yang kian nyaman tiap menguasai bola, Divock Origi yang baru masuk menggantikan Firmino menyodorkan bola kepada Salah di sisi kanan luar kotak penalti sebelum dikirimkan dengan umpan ungkit terarah yang disambut sundulan dingin Mane di hadapan Neuer.

Pada waktu tersisa, Muenchen berusaha menekan namun tak kunjung memperoleh satu pun dari empat gol yang mereka butuhkan untuk bisa lolos ke perempat final.

Di hadapan pendukungnya sendiri, Muenchen dipecundangi Liverpool 3-1 dan tersingkir dari Liga Champions.

Liverpool menyusul tiga tim Inggris lain yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final yakni Tottenham Hotspur, Manchester United dan Manchester City.

Keempatnya bergabung dengan wakil Belanda Ajax, klub Portugal Porto, raksasa Italia Juventus serta Barcelona yang mewakili Spanyol.

Sebelumnya, pada 2007-2008 dan 2008-2009, hal serupa juga berhasil ditorehkan olah tim-tim Inggris.

Pada 2007-2008, Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United berhasil lolos ke perempat final. Di musim itu United meraih gelar Liga Champions ketiga mereka.

Komposisi yang sama juga terjadi semusim berikutnya, sayang United yang melangkah hingga final harus menelan kekalahan 0-2 dari Barcelona.

Kini, Liverpool, Tottenham beserta duo Manchester bakal menantikan lawan masing-masing di perempat final dalam pengundian yang dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss, pada Jumat (15/3) setempat atau Sabtu (16/3) sore WIB.

Bukan tidak mungkin wakil Inggris akan bertemu satu sama lain di perempat final, sebagaimana terjadi pada 2007-2008 dan 2008-2009.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson (Fabinho), James Milner A(Adam Lallana); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Rafinha, Niklas Suele, Mats Hummels, David Alaba; Javi Martinez (Leon Goretzka), Thiago Alcantara; Serge Gnabru, James Rodriguez (Renato Sanches), Franck Ribery (Kingsley Coman); Robert Lewandowski                    Pelatih: Niko Kovac

Baca Juga: Jadwal Live Bayern Muenchen vs Liverpool, Harus Tuntas!

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Para ‘Zoro’ Tapin Kuasai Kejurprov Anggar Kalsel
apahabar.com

Sport

Dihajar Martapura FC, Pelatih Peseban Nilai Pemain Grogi Tak Biasa Tanding di Lapangan Bagus
apahabar.com

Sport

Manuchehr Jalilov Bintang Kemenangan Persebaya atas Persib
apahabar.com

Sport

Kebanggaan 45 Tahun Silam, Indonesia Boyong Piala Uber
apahabar.com

Sport

Singkirkan Myanmar, Timnas U-22 ke Final SEA Games 2019
apahabar.com

Sport

Ramadan di Keluarga Jacksen F Tiago
apahabar.com

Sport

SMKN 2 Banjarmasin Bersikukuh Tambah Koleksi Juara di apahabar.com Futsal Tournament
Kalsel

Sport

Tuan Rumah Juara II, Tiga Kepala Daerah Perebutkan Piala Bank Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com