Duka Awal Tahun, Dahsyatnya Banjir Kalsel hingga Sriwijaya Jatuh Peduli Banjir Kalsel, Relawan Barut Siap Salurkan Bantuan Puluhan Juta BREAKING NEWS: Menteri Basuki Blusukan ke Mataraman Pantau Jembatan Putus Parah! MCM Ngotot Nambang Meratus Saat Kalsel Darurat Banjir Update Banjir Banjarmasin: 12.519 Warga Terdampak, 1.235 Diungsikan

Reaksi Paman Birin Terhadap Galang, 3 Kali Harumkan HST

- Apahabar.com Jumat, 27 September 2019 - 14:10 WIB

Reaksi Paman Birin Terhadap Galang, 3 Kali Harumkan HST

Galang Wardhana bersama Paman Birin usai menerima tropi di kejuaraan catur Rekor Cup 2019 ULM Banjarmasin. Foto-Masruswian for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI– Pencatur muda asal Hulu Sungai Tengah (HST), Galang Wardhana untuk ketiga kalinya kembali mengharumkan tanah kelahirannya.

Setelah tampil maksimal di nomor catur cepat terbuka Rektor Cup IV, yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke 61 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, 20-22 September tadi.

Di ajang itu, Galang berhasil menyisihkan puluhan peserta campuran (putra/putri) senior junior untuk jadi yang terbaik. Melalui sistem bukaan swiss dan pelajar kelas VII SMPN 10 HST ini pun berhasil masuk delapan besar.

Sang ayah, Indra Darmawan merasa bangga dengan prestasinya. Sekali pun akhirnya, Galang hanya meraih juara ketiga pada pertandingan itu.

Ia hanya kalah bersaing dengan mahasiswi asal Kapuas, Ria Austina yang merebut peringkat dua, dan Sultan Aulia juga dari Kapuas sebagai juaranya.

“Usai menyingkirkan 50 lebih pesertanya. Galang melaju ke semifinal melalui sistem gugur. Namun harus puas diposisi ketiga,” kata Indra.

Bagi Indra, hasil ini lumayan bagus, bagi seumuran pelajar SLTP yang bertanding dengan mahasiswa.

Yang menarik, saat pengumuman para pemenang, kata Indra, reaksi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Ketika nama Galang asal HST disebutkan, sontak Paman Birin, begitu gubernur itu biasa disapa, dengan spotan meneriakkan dengan lanta “Hidup HST”.

Teriakan itu pun membuat suasana berubah riuh. Mengingat Galang masih muda, namun bisa mengharumkan nama HST dan Kalsel. Yang hadir pun membalasnya dengan tepuk tangan.

Galang sendiri sebelumnya juara pada ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Kalsel pada 5-7 Juli 2019 lalu.

Dia pun berhasil meraih dua juara 1 di kelompok berbeda. Atas pretasi itu ia berhak membawa pulang 2 medali emas sekaligus. Masing-masing di kelompok pelajar menengah atas dan kelompok campuran.

Berikutnya tampil sebagai runner up di Kejuaraan Catur Walikota Samarinda Cup tingkat pelajar se Indonesia. Digelar oleh Dispora Kota Samarinda bersama Pengcab Percasi Samarinda di GOR Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, pada 19-21 Juli 2019 lalu.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Percasi Kalsel, Muhammad Amin pun ikut penasaran dengan sosok pencatur muda asal HST itu. Hingga mengundangnya ke rumah.

Lantas, undangan itu pun dipenuhi Indra dan Galang, pada Minggu (22/9) sore.

Sementara itu, Galang berharap prestasi dan apresiasi semua pihak selama ini dapat melecut semangatnya untuk lebih baik.

“Saya bersyukur bisa kembali meraih penghargaan dan bisa mempersembahkannya untuk HST. Hasil dan prestasi ini melecut semangat saya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ungkap Galang yang didampingi ayahnya.

Terpisah, Ketua Pengcab Percasi HST, H Fachrin sangat mengapresiasi atlet mudanya yang mampu meraih prestasi berturut-turut dalam ajang bergengsi itu.

“Kita bersyukur punya bibit pecatur yang sudah mengharumkan nama HST,” timpal Fachrin.

Baca Juga: Warga Desa Hamayung Panen Padi, Paman Birin Serahkan Traktor

Baca Juga: Buka Pendaftaran Awal Oktober, Demokrat Kalsel Tunggu Paman Birin

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Link Live Streaming Timnas U-19 Indonesia vs NK Dugopoljie di Mola TV

Sport

PSG Beri Kekalahan Perdana MU Bersama Solskjaer
apahabar.com

Sport

Armando Izzo Mimpi Buruk Inter Jauhi Milan

Sport

Duh, Belasan Pemain Lechia Gdansk Klub Egy Maulana Vikri Bernaung Positif Covid-19
apahabar.com

Sport

Ditinggal Lorenzo, Dovizioso: Tak Ada Pengaruh
apahabar.com

Sport

Pimpin Latihan Perdana Sebagai Head Coach Barito, Simak Kata Yunan
apahabar.com

Sport

Jadwal MotoGP Catalunya 2020, Jumat FP1 dan FP2 Tak Live Trans7, Quartararo Kurang Puas YM-1
apahabar.com

Sport

Selangkah Lagi Juara, Hari Ini Timnas Indonesia Hadapi Thailand di Final Piala AFF U22
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com