Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel Akhir Februari Seluruh Nakes di Kalteng Sudah Divaksin Covid-19 Puluhan Personel Polda Kalsel Amankan Distribusi Vaksin ke Setiap Daerah

Barito Disanksi Komdis Rp50 Juta, Ketua Bartman Selalu Ingatkan Larangan Nyalakan Flare

- Apahabar.com Minggu, 12 Januari 2020 - 15:24 WIB

Barito Disanksi Komdis Rp50 Juta, Ketua Bartman Selalu Ingatkan Larangan Nyalakan Flare

Ilustrasi penyalaan flare oleh suporter yang dilarang PSSI. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada musim kompetisi Shopee Liga 1 2019, Barito Putera sempat kecolongan dengan adanya ulah oknum suporter yang melakukan aksi penyalaan flare.

Atas kejadian itu, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pun menjatuhkan sanksi tegas berupa denda sebesar Rp50 juta untuk manajemen Barito Putera.

Hal itu tentu sangat disayangkan, mengingat Barito Putera yang harus berjuang keras menjalani liga musim lalu. Sementara ada sejumlah oknum yang menyebut dirinya fans malah membuat tim kesayangannya itu diganjar sanksi yang cukup besar.

“Padahal selalu kita himbau dari awal kompetisi, bahkan sebelum pertandingan, saat pertandingan dan sesudah pertandingan berakhir terkait larangan penyalaan ‘flare gun’ di stadion,” kata Ketua Umum Bartman Kalimantan Selatan, Normansyah kepada apahabar.com, Sabtu (11/1) malam.

Bahkan, kata Normansyah, sejak H-3 pertandingan home Barito selalu mengingatkan anggotanya agar tidak melakukan hal tersebut melalui media sosial. Namun masih saja ada oknum suporter yang ‘nakal’.

“Kita juga berkoordinasi dengan panitia pelaksana pertandingan agar lebih ketat lagi melakukan penjagaan, tapi tetap saja kita kecolongan,” tuturnya.

Untuk mencegah hal serupa terjadi di musim mendatang, Bartman kembali bekerja sama dengan panitia pelaksana pertandingan untuk memperketat penjagaan barang yang dibawa penonton ke stadion.

“Harus diperketat agar mengantisipasi kejadian tahun lalu terulang. Kalo ada yang kedapatan membawa akan diberi sanksi tegas,” ujarnya.

Normansyah juga berharap agar suporter bisa lebih dewasa lagi dalam menyikapi regulasi larangan penyalaan red flare-gun, agar tidak merugikan Barito kedepannya.

Selain itu, dia juga memiliki harapan besar agar Laskar Antasari bisa bermain lebih apik lagi di musim mendatang serta mampu menembus 5 besar.

Seperti diketahui, penyalaan flare terjadi pada laga penutup kompetisi Liga 1 2019 Barito Putera dengan kemenangan 3-0 atas Arema FC di Stadion Demang Lehman Martapura.

Usai peluit panjang dibunyikan dan para pelatih, official dan pemain tim Laskar Antasari merayakan kemenangan di tengah lapangan, namun oknum suporter di tribun utama justru merayakannya dengan menyalakan flare.

Tidak hanya satu, bahkan oknum suporter ini menggunakan suar atau nyala api hingga tiga biji. Sehingga membuat stadion langsung menyala dengan cahaya merah yang terang.

Penggunaan flare dalam pertandingan atau kompetisi sepak bola resmi di Indonesia tidak diperbolehkan atau dilarang. Ini berdasarkan Pasal 52 huruf c butir i FIFA Stadium Safety and Security Regulations dan Pasal 70 ayat (1) Kode Disiplin PSSI 2018.

Baca Juga: Menjaga Kebugaran, Anggota Dewan Kota Banjarmasin Ajak Fun Futsal Awak Media

Baca Juga: Tabalong Sport Climbing Competition 2020, Ajang Bergengsi Pemanjat se Kalimantan

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Pesta Gol di Etihad, City Mantap ke Perempat Final Liga Champions
apahabar.com

Sport

Jadwal Live Barito Putera vs Persela, Wajib Menang!
apahabar.com

Sport

Laga Persahabatan Belanda vs Spanyol Berakhir 1-1, Gol Van de Beek Selamatkan Tim Orange dari Kekalahan
apahabar.com

Sport

Para ‘Zoro’ Tapin Kuasai Kejurprov Anggar Kalsel
apahabar.com

Sport

Dipermalukan Bhayangkara FC dengan Skor Telak, Djanur Minta Maaf
apahabar.com

Sport

Argentina Gelar MotoGP Hingga 2021
apahabar.com

Sport

Usai Gilas Vanuatu Bersama Timnas, Rizky Pora Siap Hadapi Kalteng Putra
apahabar.com

Sport

Prediksi Spurs vs Arsenal, Ketajaman Kane dan Aubameyang Diadu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com