Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Demi Piala Dunia FIBA 2023, Pemerintah Bakal Bangun Stadion Mewah

- Apahabar.com     Rabu, 19 Februari 2020 - 18:49 WITA

Demi Piala Dunia FIBA 2023, Pemerintah Bakal Bangun Stadion Mewah

Menpora Zainudin Amali jumpa pers setelah rapat terbatas bertema "Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023" yang dipimpin Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (18/02). Foto-Antara/Hanni Sofia/pri

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia bakal membangun stadion khusus baru dan mewah serta sesuai dengan standar FIBA, yaitu dapat menampung penonton berkapasitas hingga 20.000 orang untuk penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket 2023.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali selepas menghadiri rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2) membahas persiapan penyelenggaran Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

“Kita harus membangun satu atau beberapa tempat sesuai dengan kriteria dari FIBA. Mereka mensyaratkan minimal ada satu tempat yang bisa menampung penonton minila 10.000 orang. Sekarang ini kan kita tidak punya,” kata Zainudin saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa.

FIBA mensyaratkan agar venue pertandingan dapat menampung setidaknya 8.000 penonton. Namun hingga kini, Indonesia masih belum memiliki stadion berkapasitas sebesar itu.

“Istora (Senayan) yang paling besar itu setelah dipotong paling hanya mampu menampung sekitar 5.000 orang,” lanjutnya.

Zainudin menambahkan, persiapan pembangunan venue tersebut juga sudah dibicarakan antara Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pihak yang bertanggung jawab atas pembangunan tersebut.

Soal lokasi, Zainudin mengatakan bahwa stadion tersebut harus ada di Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama dengan Okinawa, Jepang dan Manila, Filipina.

“Nah ini yang harus kita lakukan segera dan tentu lokasinya harus di Jakarta dan tanah milik pemerintah,” ucapnya.

Namun sebelumnya, pemerintah, lanjut Zainudin, masih merancang instruksi presiden (Inpres) yang akan menjadi dasar hukum dari pelaksanan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas itu juga meminta para pejabat dan menteri terkait agar segera mempersiapkan venue pertandingan yang sesuai dengan standar FIBA.

“Saya juga minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat bertanding disiapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIBA, mulai dari tempat duduk ruang ganti, lapangan pertandingan pakai kayu, area untuk hospitality, jaringan internet, dan layanan yang lainnya,” kata Jokowi.(Ant)

Baca Juga: Singkirkan Arema, Persebaya Tantang Persija di Final Gubernur Jatim

Baca Juga: Barito Putera Terima Tantangan Arema

Baca Juga: Bukan CR7, Tapi Messi dan Hamilton Olahragawan Terbaik Dunia

Baca Juga: Jokowi Minta Timnas Basket Dibentuk Hadapi Piala Dunia FIBA 2023

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

136 Atlet Popda Banjarmasin Pasang Target Juara Umum
apahabar.com

Sport

Kans Ferdiansyah Jalani Debut Liga 1 2019 Bersama Barito

Sport

SMK 5 Banjarmasin Jawara, Dandim 1007 : Tahun Depan Kita Gelar Lagi

Sport

Link Live Streaming Timnas U19 Indonesia vs Makedonia Utara Malam Ini, Live Mola TV dan NET TV!
apahabar.com

Sport

Paman Birin Cetak Quattrick, Gilas Tim Walikota 14-5
Dovizioso Enggan Terpengaruh Hasil Buruk Marquez

Sport

Dovizioso Enggan Terpengaruh Hasil Buruk Marquez
apahabar.com

Sport

Ada Ritual Khusus di Balik Sukses Besar Marquez
apahabar.com

Sport

Kembali Sebagai Lawan, Dedi Hartono Buang Kenangan Manis di Barito
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com