Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh Bawaslu Perintahkan Copot Spanduk Denny-Difri di Martapura, Raziv: Error in Subject Duh, Pembayar Pajak Terbesar Kedua di Kalsel Curhat Jalan Rusak! Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko Usai Beri Makan Kucing, Kai Tj Diduga Tenggelam di Sungai Tapin

Imbas Covid-19, Pembangunan GOR Batola Terancam Ditunda

- Apahabar.com Senin, 30 Maret 2020 - 17:35 WIB

Imbas Covid-19, Pembangunan GOR Batola Terancam Ditunda

Pemasangan spanduk penanda pembangunan GOR Batola di Jalan Tarutan Marabahan yang dilakukan beberapa waktu lalu. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Di tengah ancaman penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Barito Kuala terancam ditunda.

Berlokasi di Jalan Tarutan Marabahan, Pembangunan GOR bertipe B tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dengan anggaran sekitar Rp15 miliar.

Sesuai dengan rencana semula, proses persiapan pembangunan sudah dilakukan. Termasuk pelelangan konsultan pengawasan dan kontraktor pembangunan.

Hasilnya PT Mandiri Cipta Pratama berhak sebagai konsultan pengawasan.

Sementara kontraktor pembangunan adalah PT Semangat Bakti Bangkit dengan nilai pagu paket Rp14,7 miliar.

Tak lama kemudian, kontraktor pembangunan juga melakukan sejumlah persiapan di lokasi.

Di antaranya memulai pembuatan jalan masuk dan pendirian kamp pekerja.

Namun belakangan proses pengerjaan GOR Batola terancam ditunda. Terkait surat edaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterbitkan dan berlaku sejak 27 Maret 2020.

Intinya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani meminta seluruh kepala daerah di semua tingkatan menunda pengadaan barang dan jasa yang bersumber dari DAK Fisik, kecuali untuk kegiatan kesehatan dan pendidikan.

Penundaan tersebut dilakukan sebagai salah satu kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19.

Terkait surat edaran Kemenkeu, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Batola sebagai satuan kerja GOR Batola, hanya bisa menunggu.

“Sekarang kami menunggu hasil diskusi antara Kemenpora dengan Kemenkeu, mengingat pemenang tender dan dokumen kontrak juga sudah dimasukkan ke aplikasi OM-SPAN,” jelas Kepala Disporabudpar Batola, Gusti Ruspandi, Senin (30/3).

“Sambil menunggu solusi dari Pemerintah, kalau bisa persiapan diistirahatkan dulu. Namun demikian, kami tetap berharap GOR Batola selesai sesuai rencana,” imbuhnya.

GOR Batola direncanakan dibangun di atas lahan seluas 8 hektar, dengan luas bangunan 1.000 meter persegi, serta berkapasitas 1.000 hingga 3.000 tempat duduk.

Bangunan seluas itu menampung empat lapangan bulutangkis, satu lapangan voli, satu lapangan basket, satu lapangan futsal, satu tenis lapangan dan atau empat lapangan sepaktakraw.

Pun GOR dapat dipergunakan cabang olahraga lain yang tidak membutuhkan lapangan khusus seperti beladiri atau senam.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Asah Fisik dan Mental, Timnas U-22 Siap Uji Coba Mulai Besok

Sport

Konsumsi Soda dan Keripik, Cristiano Ronaldo Ultimatum Sang Anak
apahabar.com

Sport

Kabar Duka, Legenda Balap Nasional Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia
apahabar.com

Sport

Tampil di SUGBK, RD Ingin Motivasi Naga Mekes Meningkat
apahabar.com

Sport

Resmi, AS Roma Pinjam Borja Mayoral dari Real Madrid
inter milan

Sport

Hasil Liga Champions, Inter Milan Berpeluang ke 16 Besar Usai Menang Lawan Gladbach 3-2
apahabar.com

Sport

Hasnur: Barito Tidak Kelola Martapura FC, Murni Hanya Membantu
apahabar.com

Sport

H Rihan Bersama HRVRT Rebut Juara Nasional Kerjunas Reli 2018
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com