BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati

Terancam Ditunda, Pembangunan GOR Batola Dipastikan Berlanjut

- Apahabar.com Minggu, 3 Mei 2020 - 15:08 WIB

Terancam Ditunda, Pembangunan GOR Batola Dipastikan Berlanjut

Pembangunan GOR Barito Kuala yang kembali dilanjutkan ditengah pandemi. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Dianggap paling siap, pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Barito Kuala dipastikan terus berlanjut.

Pembangunan GOR di Jalan Tarutan Marabahan tersebut sebelumnya terancam ditunda, seiring kebijakan Pemerintah Pusat merelokasi Dana Alokasi Khusus (DAK).

Terutama DAK untuk pembangunan GOR dan perpustakaan, kesemuanya dipindahkan ke anggaran penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

Namun kemudian Batola mendapat peluang. Penyebabnya adalah proses administrasi pembangunan yang sudah dirampungkan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Batola.

“Sebenarnya DAK pembangunan perpustakaan dan GOR sempat diwacanakan dihentikan. Tetapi sekitar 28 Maret 2020, Kemenkeu mengeluarkan instruksi baru tentang pembatasan DAK,” jelas Kepala Disporabudpar Batola, Gusti Ruspandi, awal pekan tadi.

“Menyikapi peluang itu, kami memasukkan semua dokumen seperti nomor kontrak ke aplikasi OM-SPAN. Kebetulan lelang sudah dilakukan dan kontrak juga telah ditandatangani,” imbuhnya.

Sekitar seminggu kemudian, usulan tersebut disetujui dan membuat pekerjaan pembangunan GOR Batola pun dapat dilanjutkan.

“Dari 29 kabupaten/kota yang semestinya mendapat DAK 2020 di Indonesia, hanya 2 kabupaten disetujui. Ini juga disebabkan kesiapan Batola, setelah juknis diterbitkan,” papar Ruspandi.

Menggunakan pagu sebesar Rp14,7 miliar, pembangunan GOR bertipe B tersebut rampung November 2021.

“Seandainya menggunakan APBD, bisa saja pembangunan GOR baru selesai lima tahun lagi lantaran keterbatasan anggaran daerah,” beber Ruspandi.

“Masyarakat Batola patut bersyukur, karena keinginan memiliki GOR segera terpenuhi. Mudahan semuanya lancar dan sukses,” harapnya.

GOR Batola direncanakan dibangun di atas lahan seluas 8 hektar dengan luas bangunan 1.000 meter persegi, serta berkapasitas 1.000 hingga 3.000 tempat duduk.

Bangunan seluas itu menampung empat lapangan bulutangkis, satu lapangan voli, satu lapangan basket, satu lapangan futsal, satu tenis lapangan dan atau empat lapangan sepaktakraw.

Pun GOR dapat dipergunakan cabang olahraga lain yang tidak membutuhkan lapangan khusus seperti beladiri atau senam.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

The Last Dance, Film Baru Michael Jordan Bius Penggemar NBA
apahabar.com

Sport

Jadwal Barito di Liga 1 2020: Dibuka Away, Juga Ditunggu Lawan Berat
apahabar.com

Sport

Pedayung Batola-Banjarmasin Ungguli Marinir
apahabar.com

Sport

SEA Games 2019: Tiga Wakil Indonesia ke Final Bulutangkis
apahabar.com

Sport

Naturalisai Gelandang Persija Kini Tinggal Selangkah
apahabar.com

Sport

Bartman Optimis Kolaborasi Djanur-Mundari Akan Majukan Barito Putera
apahabar.com

Sport

Ahsan/Hendra Juara BWF World Tour Finals 2019
apahabar.com

Sport

Hadapi Thailand, Rizky Pora: ’’Kami Harus Optimistis’’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com