Duka Awal Tahun, Dahsyatnya Banjir Kalsel hingga Sriwijaya Jatuh BREAKING NEWS: Menteri Basuki Blusukan ke Mataraman Pantau Jembatan Putus Parah! MCM Ngotot Nambang Meratus Saat Kalsel Darurat Banjir Update Banjir Banjarmasin: 12.519 Warga Terdampak, 1.235 Diungsikan Biang Kerok Banjir Kalsel, Ternyata Tak Cuma Tambang dan Sawit

Selangkah Lagi, Barito Kuala Miliki Dinding Panjat Standar

- Apahabar.com Rabu, 4 November 2020 - 12:24 WIB

Selangkah Lagi, Barito Kuala Miliki Dinding Panjat Standar

Salah seorang atlet Barito Kuala melakukan pemanjatan di dinding boulder yang berdampingan dengan lokasi pembangunan dinding lead. Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Sempat tiga kali ditangguhkan, Barito Kuala akhirnya sudah mulai membangun dinding panjat yang memenuhi standar nasional.

Lokasi pembangunan dinding panjat lead tersebut terletak di samping tribun Lapangan 5 Desember Marabahan. Juga berdekatan dengan dinding boulder sederhana yang terbuat dari rangka dan panel bekas.

“Memang pembangunan dinding panjat sempat ditangguhkan tiga kali berturut-turut. Faktor yang dipertimbangkan adalah ketersediaan anggaran,” ungkap Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola, Gusti Ruspandi, Rabu (4/11).

“Akhirnya walaupun di tengah-tengah pandemi Covid-19, pembangunan fasilitas olahraga panjat tebing tersebut dapat dilakukan. Dijadwalkan pembangunan rampung akhir Desember 2020,” imbuhnya.

Pembangunan dinding panjat ini menggunakan pagu anggaran senilai Rp647 juta. Sesuai dengan rencana, dinding dibangun setinggi 13 meter dan panel fiberglass.

“Tentu kami berbahagia dan mengapresiasi tinggi Pemkab Batola, mengingat dinding panjat itu sudah dinantikan selama bertahun-tahun,” sahut Donny Irwan, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Batola.

“Kami berharap dinding itu tak sekadar dibangun, tetapi juga berspesifikasi lintasan standar sesuai manual kompetisi FPTI. Standarisasi dinding berarti penting, karena menyangkut keselamatan atlet,” imbuhnya.

Diyakini kehadiran dinding panjat representatif, ikut mendongkrak pamor panjat tebing di masyarakat. Terlebih di Batola, salah satu cabang olahraga ekstrem ini kurang begitu familiar.

“Kami sendiri sudah mulai mendata sejumlah atlet binaan. Namun belum maksimal, seiring peningkatan penyebaran Covid-19,” beber Donny.

“Sebenarnya faktor fasilitas juga mempengaruhi upaya menarik perhatian calon atlet maupun masyarakat. Ke depan kami lebih optimis, terutama setelah dinding yang sedang dibangun itu selesai,” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

MotoGP Qatar Resmi Dibatalkan Gara-gara Wabah Corona
apahabar.com

Sport

Hasil Piala Liga Inggris, Burnley vs Manchester City, Menang 3-0, Man City Lolos ke Perempatfinal
apahabar.com

Sport

Usai Kalahkan Chelsea dan City, Senangnya Pelatih Leicester Bukan Kepalang
apahabar.com

HSS

Sambut Porprov, Wabup HSS Cek Pembangunan 3 Lapangan Voli di Stadion 2 Desember
apahabar.com

Sport

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-3: Big Match Liverpool vs Arsenal, MU Cari Pelampiasan ke Brighton!
apahabar.com

Sport

Link Live Streaming Persija vs Barito, Menanti Hasil Kelas Psikologi
apahabar.com

Sport

Dari GOR Ije Jela, Juara Kejurprov Dipromosikan ke Kejurnas
apahabar.com

Sport

Timnas U-16 Indonesia Kembali Gelar TC, Bima Sakti Panggil 30 Pemain, 2 dari Barito Putera
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com