Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing Terima Mandat Tim Satgas Investasi Korwil Kalimantan, Mardani H Maming: Ini Tanggung Jawab Besar Ketum BPP Himpi Mardani H Maming Masuk Tim Satgas Percepatan Investasi untuk Wilayah Kalimantan

Menilik Gaji Kru MotoGP, Jangan Bandingkan Dengan Tim Balap Lokal

- Apahabar.com Jumat, 19 Februari 2021 - 12:00 WIB

Menilik Gaji Kru MotoGP, Jangan Bandingkan Dengan Tim Balap Lokal

Berpengalaman selama puluhan tahun di MotoGP, Santi Hernandez menjadi salah satu aktor penting dibalik kesuksesan Marc Marquez. Foto: Michelin

apahabar.com, HAMAMATSU – Bukan perkara mudah berkecimpung di dunia balap motor elit seperti MotoGP. Tak mengherankan juga kalau pendapatan kru setiap tim memperlihatkan angka yang mencengangkan.

Setiap pabrikan biasanya memiliki tim kecil yang terdiri kepala kru, mekanik, analis data, ahli suspensi hingga media officer.

Sesuai dengan namanya, tugas kepala kru terbilang berat. Sosok ini bertanggung jawab terhadap segala kegiatan di paddock, serta harus punya pengetahuan teknis yang mendalam.

Meski dibebani tugas berat, kepala kru memiliki penghasilan tertinggi di paddock semua tim MotoGP.

Dilansir dari Okezone, biasanya gaji seorang kepala kru berkisar 40 hingga 130 ribu euro per tahun atau sekira Rp600 juta hingga Rp 2 miliar.

Jumlah itu masih tergantung kinerja dan prestasi. Menggunakan dua indikator itu, bisa dibayangkan bayaran Santi Hernandez.

Santi Hernandez adalah sosok dibalik kesuksesan Marc Marquez menjadi juara dunia, baik di Moto2 maupun MotoGP.

Namun sebelum mencapai titik itu, Santi Hernandez adalah staf mekanik Alex Criville, Tetsuya Harada, Sete Gibernau, Colin Edwards, Alex Barros hingga Valentino Rossi.

Selain kepala kru, juga terdapat tim analisis data yang bertugas mengumpulkan dan membandingkan berbagai data motor. Mulai dari akselerasi, sistem pengereman dan sebagainya.

Pekerjaan analis data terbilang sulit, karena karena hasil yang mereka produksi menjadi bahan diskusi mekanik dan pembalap.

Analis data biasanya mendapat bayaran sebesar 5 hingga 80 ribu euro per tahun atau sekitar Rp 539 juta hingga Rp1,2 miliar sesuai kemampuan dan pengalaman.

Uniknya bayaran tim analisis data yang berasal dari Italia, lebih besar dari orang Spanyol. Tidak dijelaskan penyebab perbedaan itu, tapi ditengarai akibat pajak pendapatan karyawan freelance.

Selanjutnya adalah mekanik yang mengurus segala hal terkait motor. Andai si pembalap sudah percaya penuh, mereka bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Hal itu dirasakan Jeremy Burgess atau Silvano Galbusera yang selama bertahun-tahun menjadi mekanik kepercayaan Valentino Rossi.

Umumnya gaji mekanik berkisar antara 25 hingga 70 ribu euro per tahun atau sekitar Rp385 juta hingga Rp 1,1 miliar.

Peran media officer juga tidak bisa dipinggirkan. Mereka mengurus segala yang berkaitan dengan publikasi seperti jumpa pers, hingga menyusun informasi tim atau pembalap kepada media.

Namun media officer memiliki gaji paling rendah di setiap tim MotoGP. Bayaran umum yang diterima tidak lebih dari 30 euro per tahun atau setara Rp462 juta.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sport

Hasil Lengkap Liga Europa: Arsenal Paling Tokcer
apahabar.com

Sport

Live Trans7 MotoGP San Marino 2020, Maverick Vinales Sudah Cetak Rekor Sirkuit Misano, Valentino Rossi?

Sport

Gagal di MotoGP Doha, Begini Pembelaan Honda
apahabar.com

Sport

Hasil Liga Inggris, Brighton vs Man United, Gol Penalti Fernadez Menangkan MU, Skor Akhir 3-2
apahabar.com

Sport

Nasib Indonesia Tergantung Filipina vs Thailand Malam Ini
apahabar.com

Sport

Terlalu Muda, Alasan Erling Haaland Menolak Manchester United
apahabar.com

Sport

Selama PSBB Banjarmasin, Pemain Asing Barito ini Merasa Beruntung

Sport

Jadwal Piala Menpora 2021, Barito Putera Ladeni PSIS Semarang di Laga Perdana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com