Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing Terima Mandat Tim Satgas Investasi Korwil Kalimantan, Mardani H Maming: Ini Tanggung Jawab Besar Ketum BPP Himpi Mardani H Maming Masuk Tim Satgas Percepatan Investasi untuk Wilayah Kalimantan

Playoff Piala Asia 2023, Tiga Negara Susul Timnas Indonesia

- Apahabar.com Rabu, 9 Juni 2021 - 23:41 WIB

Playoff Piala Asia 2023, Tiga Negara Susul Timnas Indonesia

Gagal menghindari juru kunci di kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia harus melalui playoff agar lolos ke Piala Asia 2023. Foto: PSSI

apahabar.com, JAKARTA – Setelah Timnas Indonesia, tiga negara menyusul ke playoff Piala Asia 2023. Mereka adalah Guam, Taiwan dan Kamboja.

Sama seperti Indonesia, ketiga negara tersebut menjadi juru kunci fase grup di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti dilansir Detik, Rabu (9/6), Guam menjadi juru kunci Grup A, Taiwan di Grup B dan Kamboja di Grup H. Guam dan Taiwan belum mengumpulkan poin, sementara Kamboja meraih 1 poin seperti Indonesia.

Dalam pertandingan terkini, Guam dikalahkan Suriah 0-3. Sedangkan Taiwan ditekuk Australia 1-5 dan Kamboja ditekuk Irak 1-4.

Adapun playoff Piala Asia diikuti 12 negara. Mereka adalah adalah 4 negara peringkat keempat terburuk dan 8 negara peringkat kelima di kualifikasi Piala Dunia.

Selanjutnya setiap kontestan bermain dalam dua ronde dan dua leg. Aturanya 3 dari 12 peserta terburuk ditempatkan di ronde kedua.

Sebanyak 12 negara ini memperebutkan 9 tiket ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia. Di fase ini, 24 negara dibagi menjadi enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke putaran final Piala Asia.

Sementara negara yang rontok di ronde pertama playoff, masih punya harapan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia. Syaratnya mereka harus mengalahkan 3 negara yang sudah menunggu di ronde kedua.

Negara yang kalah di ronde kedua, bermain di AFC Solidarity Cup atau turnamen khusus untuk negara-negara yang tersingkir di kualifikasi Piala Dunia/Piala Asia.

India Paling Sukses

Timnas Indonesia tak perlu berkecil hati, meski harus menjalani kualifikasi Piala Asia dari jalur playoff. Meski perjalanan masih panjang, kesempatan untuk lolos ke babak utama masih terbuka.

India adalah contoh terkini yang mampu melewati semua tantangan dari playoff untuk tampil di Piala Asia 2019.

India harus melalui playoff, lantaran menjadi juru kunci Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018. Selanjutnya mereka menang dengan agregat 7-1 atas Laos.

Lolos dari playoff, India pun melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia. Mereka tergabung di Grup A bersama Kirgizstan, Myanmar dan Macau.

Hasilnya India mampu melaju ke babak utama Piala Asia, setelah menjadi juara grup dengan 13 poin. Mereka diikuti Kirgistan yang menjadi runner up dengan poin sama, tapi kalah head to head.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sport

Kasus Positif Covid-19 Bertambah, Pertandingan AC Milan vs Juventus Terancam Ditunda

Sport

Final Kepagian di Liga Europa, Manchester United Favorit Singkirkan AC Milan
apahabar.com

Sport

Vigit Berkicau, Ada Tiga Tim Sering Minta Dibantu
apahabar.com

Sport

Rakerprov 2020, IMI Kalsel Bahas Program Ini
apahabar.com

Sport

Dampak Corona, Thomas & Uber Cup 2020 Ditunda
apahabar.com

Sport

Sumbang Rp5,5 M, Gede: Terimakasih Jakmania
apahabar.com

Sport

Pembalap Petronas Yamaha Morbidelli Bertekad Raih Hasil Maksimal di MotoGP Prancis 2020
apahabar.com

Sport

Sambut Kompetisi Liga 3 2019, Persetala Disuntik Pengusaha Lokal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com