Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Tren Sepeda Lipat Brompton Sudah Tamat?

- Apahabar.com     Minggu, 11 Juli 2021 - 10:17 WITA

Tren Sepeda Lipat Brompton Sudah Tamat?

Ilustrasi sepeda brompton. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Minat masyarakat terhadap kegiatan bersepeda khususnya pada sepeda lipat merek Brompton kini mulai turun. Ini berbeda ketika di awal pandemi Covid-19.

Sebelumnya, banyak orang yang berbondong-bondong membeli sepeda merek Brompton ini yang tergolong cukup mahal harganya. Padahal, ketika tengah digandrungi harga sepeda mereka ini pun meningkat berkali-kali lipat.

Ketika pamor Brompton memuncak, beberapa merek ikut memproduksi dengan model yang mirip. Namun, harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Hal ini secara tidak langsung membuat nilai Brompton asli kena dampak.

“Cuma sesaat doang begitu. Yang pakai ada rasa bangga pada saat itu, tapi udah lewat, trennya musiman. Awal-awal iya luar biasa [hype tinggi], sekarang sudah turun, anggapannya udah nggak spesial,” kata Pengurus Komunitas Sepeda Kemayoran Jakarta, Ahok dikutip dari CNBC Indonesia, dikutip Minggu (11/7/2021).

“Waktu itu Brompton banyak ditiru merek-merek yang lebih murah. Lagian orang-orang yang mampu beli udah pada punya,” lanjutnya.

Selain itu, ada sebagian goweser yang tetap memilih jenis sepeda non lipat sebagai ‘kiblat’. Dia mencontohkan, orang yang biasa menggunakan sepeda balap (road bike) akan merasa aneh ketika menggunakan sepeda lipat karena performa dan kecepatan jauh dari road bike.

Namun, di komunitas KSKJ, semua jenis sepeda diterima dan bisa menjadi bagian dalam komunitas. “Kan ada orang yang nggak tertarik pindah ke sepeda lain, misal tetap di road bike ya sudah males lah coba jenis sepeda lain,” katanya.

Saat ini sepeda Brompton di pasar bekas dan baru pun turun tajam. Di segmen pasar baru yang semula bisa mencapai di atas Rp 50 jutaan, kini harganya berkisar Rp 30 juta hingga Rp 40 jutaan untuk beberapa jenisnya.

“Harga baru kisaran Rp 36 juta,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo kepada CNBC Indonesia. Misalnya harga Brompton M6L Raw Lacquer, beberapa bulan lalu sempat mencapai Rp 41 juta, namun kini harganya di kisaran Rp 37 juta.

Begitu pun dengan M6R BE Color dari semula Rp 43 juta menjadi Rp 39 juta. Sementara M6R BE Lacquer yang semula kisaran Rp 46 juta saat ini kembali ke angka Rp 42 juta.

Sebagai catatan, sepeda Brompton adalah sepeda pabrikan Brompton Bicycle, produsen seli yang berkantor pusat di Greenford, London, Inggris, dengan produk utama Brompton dan aksesorisnya. Perusahaan ini didirikan oleh Andrew Ritchie pada 3 Juni 1976.

Berikut harga sepeda Brompton teranyar yang dilansir dari e-commerce Tokopedia:

Brompton M6L Fcb Cloud Blue Rp. 36,5 Juta

Brompton M3L Signal Orange Rp 34 juta

Brompton S6L Racing Green Battery Lightning Rp 33 juta

Brompton Bike B75M3E Water Blue Original Rp 33 juta

Brompton B75 Water Blue tipe M3E Classic Rp 28 juta

Brompton Black Edition NEW S, M, dan H model L / R 6 Speed Rp 39 juta

Brompton NEW Tipe S, M, H, 2 dan 6 speed Model E, L, R Rp 34 juta

Brompton M6R Graphite Metallic Premium Color Rp 37,5 juta

Brompton M6R Black Glossy Black Rp 38 juta

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Sama-sama Cari Kemenangan Perdana, Berikut Link Live Streaming Bhayangkara FC vs Barito
apahabar.com

Sport

Jadwal Live Trans7 MotoGP Emilia Romagna, Tanda-Tanda Vinales Bangkit di Misano, Rossi Malah Tes Ini
apahabar.com

Sport

Juventus Resmi Tunjuk Andre Pirlo Jadi Pelatih, Simak Alasannya

Sport

MotoGP San Marino 2020, Valentino Rossi Tampilkan Helm Desain Unik ‘La Doppia 46 Mg’ di Sirkuit Misano
apahabar.com

Sport

Seru! Takraw Putri Beri 2 Emas di Kejurprov Kalsel untuk HUT-55 Tapin

Sport

Jelang MotoGP Jerman 2021, Momen Marc Marquez Meramaikan Barisan Depan

Sport

Hasil MotoGP Catalunya 2021: Miguel Oliveira Juara, Quartararo Kena Penalti
apahabar.com

Sport

Fans Messi Nekat Labrak Protokol Covid-19 Saat Barca Libas Mallorca
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com